Rabu, 14 September 2011

Karimun Jawa

Karimun Jawa, sebuah kepulauan eksotis yang terletak 45 mile ke arah Utara dari kota Jepara. Sudah lama ku beserta beberapa orang teman merencanakan untuk pergi ke sana. Dengan mencari beberapa info dari Agen Wisata yang menyediakan trip ke sana dan info dari teman-teman yang lain, kami pun mengawali perjalanan dengan menggunakan bus dari terminal Lebak Bulus menuju kota Jepara.
Setibanya di Jepara, kami agak di kecewakan karena tiket kapal KM Muria, kapal yang digunakan untuk menyebrang ke Pulau Karimun Jawa tidak berhasil diperoleh. Akhirnya kapal nelayan lah satu-satunya pilihan kami untuk menyebrang, atau kami harus menunggu 2 hari lagi untuk mendapat tiket kapal Muria.

Awal perjalanan kami ditemani kawanan lumba-lumba yang mengiringi dan kadang melompat di sekitar kapal. Tujuh jam perjalanan di laut menggunakan kapal kecil berkapasitas maksimal 40 orang dengan ganasnya ombak bulan september membuat sebagian besar penumpang kapal mangalami mabuk laut.

Rasa lelah dan mual selama perjalanan terbayarkan ketika kami tiba di pulau Karimun Jawa, laut yang biru, udara yang segar serta keramahan penduduk menyambut kedatangan kami. Hari pertama kami gunakan untuk melihat sunset dari pelabuhan.

Hari berikutnya kami mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar pulau Karimun Jawa, diantaranya adalah Pulau Tengah dan Pulau Kecil. Terumbu karang di sekitar Pulau Kecil sangatlah indah, tempat yang sangat bagus untuk snorkeling.

Pantai dengan pasir putih yang menghampar dan air laut yang jernih membuat betah tuk berlama-lama di Pulau Tengah.

Berenang bersama kawanan hiu putih awalnya membuat kami takut dan ragu, takut di gigit, tapi setelah memberanikan diri tuk berenang bersama hiu, ternyata hiu nya pun takut. Gak ada hiu yang berani mendekati atau bahkan menggigit.

Setelah lelah bersenang-senang seharian di laut, malamnya kami barsantai di sebuah cafe bernama cafe Amore. Tempatnya yang berada di pinggir laut membuat suasananya sangat menyenangkan. Keesokan harinya kami menuju Pulau Menjangan Kecil untuk berenang dan memberi makan ikan-ikan yang tidak takut akan kehadiran manusia.

Selanjutnya kami makan siang dan bersantai di Pantai Tanjung Gelam, pantainya indah, tidak ada karang, sehingga asyik untuk berenang.

Di hari terakhir sebelum pulang, kami mengunjungi cafe Amore sekali lagi tuk berfoto bersama dengan teman-teman baru dan berpamitan dengan mbak cantik dari Amore :D